Jumat, 14 Oktober 2016

SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN

GAMBAR SEL HEWAN


Bagian-bagian dari sel hewan :
  • Membran Sel


Membran sel adalah bagian yang berada paling luar dari sel yang membungkus semua organel lain.
Sel ini berfungsi sebagai pengatur pertukaran zat, pelindung sel, dan sebagai tempat penerima rangsang dari luar sel.
  • Retikulum Endoplasma 

Retikulum Endoplasma merupakan struktur benang yang bermuara pada inti sel.
Sel ini berfungsi sebagai sintesis, transportasi berbagai macam zat kimia, dan sebagai tempat pengendalian aktivitas sel.
  • Nukleus
Nukleus merupakan bagian dari inti sel yang mengatur semua aktifitas sel, karena di dalam inti sel terdapat kromosom. Sel ini berfungsi sebagai faktor keturunan, pengatur sintesis protein sel, dan tempat transportasi berbagai zat kimia.

  •  Sentriol 

 Berfungsi sebagai bahan pengontrol pada saat pembelahan sel selama pembentukan benang-benang gelondong.


  • Sentrosom

Sentrosom adalah sel yang memiliki sentriol yang bertanggung jawab ketika terjadinya pembelahan sel. Berfungsi sebagai peran penggerak kromatin pada saat pembelahan sel
  • Ribosom

Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesa protein.
  • Mitokondria
  • Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya respirasi aerob. Sel ini memiliki banyak aktivitas metabolisme yang tinggi misalnya pada sel otot jantung.

  • Lisosom

Berfungsi sebagai tempat pencerna sel luar yang tidak di pakai dalam sel.

  • Sitoplasma Sel


Sitoplasma ialah gel zat atau cairan yang ada di dalam sel atau yang sering di sebut sebagai matriks. Sel ini berfungsi sebagai tempat utama pada saat terjadinya proses kehidupan.

10. Kompleks Golgi

Berfungsi sebagai bahan perakit pada mikro molekul yang mempunyai banyak karbohidrat.
Gambar Sel Hewan dan Fungsinya – Jenis sel di atas merupakan beberapa bagian dari jenis sel hewan. Jenis sel hewan tentunya sangat berbeda dengan jenis sel tumbuhan, baik dari fungsi maupun bagian bentuk yang akan memberikan bentuk bervariasi yang berbeda.


GAMBAR SEL TUMBUHAN


Bagian-bagian dari sel tumbuhan :

  • Nukleus (inti sel) 
    yaitu organel sel yang sangat unik dan penting, sebagai tempat utama sel untuk menyimpan kromosom (komponen genetik) dari sel tertentu. Nukleus mempunyai fungsi mengkoordinasi proses metabolisme, contohnya pemblahan sel, pertumbuhan sel, serta sintesis protein. Inti dan isinya disebut dengan Nukleoplasma.
  • Plastida/ Kloroplas
  • Plastida merupakan kolektif organel yang membawa pigmen. Pada bagian sel tumbuhan, kloroplas merupakan bentuk yang paling menonjol dari plastida yang mengandung pigmen klorofil hijau. Karena adanya plastida kloroplas, sehingga sel pada tumbuhan memiliki kemampuan untuk menjalani fotosintesis dengan air, sinar matahari, dan karbon dioksida sebagai bahan sintesis makanannya sendiri.
  • Ribosom


Ribosom merupakan organel sel tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai tempat  untuk sintesis protein, dan asam ribomukleat 40-60% . Mereka yang akan bertanggung jawab untuk protein sintesis.
Ribosom dapat muncul secara bebas di dalam sel ( ribosom bebas ) .
  • Mitokondria



Mitokondria merupakan tunggal mitolondrion organel besar yang berbentuk bulat dan berbentuk batang yang ada di dalam sitoplasma organel sel tumbuhan. Mitokondria mengandung enzim tertentu yang akan menjadi pasokan energi ketika masuk ke dalam sel tumbuhan. Maka, organel sel ini di kenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel.
  • Badan Golgi


Badan golgi di sebut sebagai aparat golgi atau kompleks golgi. Organel sel ini memiliki peran utama dalam mengangkut zat kimia di dalam dan keluar sel.  Badan golgi mempersiapkan dan mengubah untuk mengekspor ke luar sel, serta mensintesis lemak dan protein. Pola seperti kantung organel sel tersebut hanya terletak pada bagian inti sel.
  • Retikulum Endoplasma


Retikulum Endoplasma merupakan penghubung di antara sitoplasma sel tumbuhan dan inti sel yang merupakan jaringan interkoneksi, dan juga kantung yang berbelit-belit terdapat di dalam sitoplasma. Retikulum endoplasma di bagi menjadi dua jenis, yaitu retikulum endoplasma halus dan retikulum endoplasma kasar. Jenis retikulum endoplasma halus memiliki ribosom, sedangkan retikulum endoplasma tidak memiliki ribosom.
Retikulum endoplasma memiliki fungsi penyimpanan, pengangkutan struktur glikogen, manufaktur, protein, dan steroid.
  • Vakuola


Vakuola merupakan membran sel, organel penyimpanan pada vakuola membantu mengatur tekanan turgor pada sel tumbuhan. Dalam sel tumbuhan terdapat lebih dari satu vakuola. Tetapi, vakuola menghabiskan area yang lebih besar, karena menyimpan segala macam senyawa kimia di dalamnya. Vakuola juga berfungsi membantu pencernan intraselular molekul kompleks dan ekskresi produk limbah.
  • Peroksisom (Badan Mikro)


organel sel tumbuhan peroksisom

Peroksisom merupakan organel sitoplasma dari sel tumbuhan yang mempunyai kandungan enzim oksidatif tertentu. Enzim itu digunakan dalam pemecahan metabolisme asam lemak menjadi gula sederhana. Fungsi peroksisom ialah memecahkan asam lemak menjadi gula dan membantu kloropas dalam proses fotorespirasi.
Itulah bagian dari sel hewan dan tumbuhan beserta gambarnya.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar